Rabu, 23 April 2014

AKU BENCI

Aku benci


Aku benci
Ketika cuaca dingin seperti ini diharuskan bangun pagi
Menyiapkan segala atribut sarapan pagi didapur
Sementara sang juragan masih asik mendengkur

Aku benci
Dingin menusuk sendi sendi tulangku
Angin kencang merusak tatanan rambutku
Cuaca dingin yang tak pernah bersahabat denganku

Aku benci
ketika kau memberi perintah ini dan itu
Dan akupun tak ada alasan untuk membantahmu
Kerjakan dengan sepenuh hati walaupun harus lelah dibadanku

Aku benci
Ketika waktu terima gaji
Lembaran kertas berharga itu hanya beberapa hari saja mampir ditanganku
Dan kosong lagi dompet kesayanganku
Sementara diujung toko seberang sana,
Sepasang sepatu cantik melambai lambai padaku
Aku benci

Post on 15 February 2014

Pray for KELUD



Pray for Kelud



Malam itu......
Kau tumpahkan semua amarahmu
Kau tumpahkan semua kekesalanmu
Kau begitu bangga dengan gemuruh letusanmu
Kau buat panik semua mahkluk disekitarmu

Keludku.............
Kini kau tak begitu lagi indah
Lihatlah wajahmu keludku 
Wajahmu begitu gundah

Keludku...........
Hilang sudah pemandangan asrimu
Hilang sudah persahabatanmu
Kau ikuti jejak sinabung
Kau buat lagi Indonesia-ku berkabung

Ya Alloh
Berilah ketabahan dan kesabaran
Kepada saudara-saudaraku diseberang sana
Sudahi duka mereka
Semoga musibah Indonesia-ku segera berakhir
Agar dapat kulihat lagi senyum saudaraku dibibir


Posted on 16 February 2014

Selasa, 22 April 2014

Surat : Indonesiaku memilih




Teruntuk calon Presiden ( Prabowo Subianto )

Bapak, calon presiden di seberang sana , semoga Bapak diberi kesehatan yang baik sehingga Bapak dapat menjalankan kampanye -kampanye Bapak dan menjalankan visi dan misi dari partai Bapak dengan baik.

Bapak, memang secara nyata saya belum pernah melihat Bapak secara langsung tatap muka tetapi saya begitu mengagumi sosok Bapak. Di mata saya Bapak mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi yang patut di contoh untuk saya serta kaum pemuda penerus bangsa.

Bapak , yang saya tahu hampir separuh kehidupan Bapak diabdikan sebagai prajurit TNI AD, perjalanan hidup Bapak lekat dengan pujian sekaligus cercaan. Sejarah telah mencatat dan saya pun membaca dari sejarah tersebut bahwa kurang lebih 24 tahun Bapak mengabdi dalam dinas militer yang tidak sekadar mengantarkan Bapak menjadi Jenderal bintang 3 diusia 46 tahun. Sebagai perwira TNI AD reputasi Bapak sebagai lulusan Akabri Magelang (1974) benar benar membanggakan.

Nama Bapak mulai di perhitungkan sejak menjabat Komandan Jenderal Kopassus (1996) serta Bapak aktif memelopori pemekaran satuan baret merah sehingga 2 tahun kemudian Bapak di promosikan menjadi Panglima Konstrad . Benar benar saya acung jempol buat Bapak.

Bapak, kariermu sempat juga meredup seketika setelah sehari Bapak Presiden Soeharto mundur dari kekuasaannya pada 21 Mei 1998. Bapak yang ketika itu menjadi menantu Soeharto ikut digusur sehingga Bapak di mutasi menjadi Komandan Sesko ABRI. Baru setelah itu mencuat segala macam rumor negatif yang amat memojokkan Bapak mulai dari tudingan bahwa Bapak lah dalang ( mastermind) dari aksi penculikan para aktivis, penyulut kerusakan Mei 1998, hingga menerobos ke isu seputar intrik dikalangan elite ABRI.

Semua itu hanya sekelumit perjalanan hidup Bapak yang saya tahu. Bagaimanapun perjalanan hidup Bapak , hitam dan putihnya, saya yakin hitamnya akan tertutupi oleh warna putih dengan semangat Bapak menjalankan visi dan misi Bapak untuk membangun Indonesia lebih maju dalam segala bidang.

Bapak, untuk menjalankan sebagai orang nomer 1 dinegara kita Indonesia memang sangat sulit. Berbagai halangan dan rintangan begitu juga dengan suka atau tidaknya dengan kebijakan Bapak, semua itu pastilah akan banyak kendalanya.

Untuk memahami arti kekuasaan politik memang sudah dijelaskan dalam ayat suci Alqur;an sura An-Nisa 58-59, sheingga jika para pemimpin negeri kita ini dapat berkaca dari Firman Alloh ini In Sha Alloh Indonesia akan damai sentosa dengan rakyatnya yang rukun serta makmur .Dalam surrat An-Nisa 58-59 dijelaskan bahwa '' Sesungguhnya Alloh menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu ) apabila menetapkan hukum diantara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Alloh adalah maha mendengar dan lagi maha melihat (58). Hai orang orang yang beriman taatilah Alloh dan taatilah RasulNya dan Ulil amri diantara kamu kemudian jika  kamu berlainan pendapat tentang sesuatu maka kembalikanlah ia kepada Alloh ( Alqur'an ) dan Rasul (sunnahnya). Jika kamu benar benar beriman kepada Alloh dan hari kemudian yang demikian itu lebih utama (bagimu ) dan lebih baik akibatnya.(59).

Begitu banyak konsep politik dan kekuasan yang diajarkan dalam Islam, tapi jarang sekali Presiden kita melihat kepada ayat-ayat tersebut. Sebenarnya ayat-ayat tersebut bisa menajdi motivasi kepada para presiden dan calon presiden sebagai amanat rakyat agar dapat menjalankan kekuasaan pemerintahan dengan adil dan merata disegala bidang.

Bapak, saya rasa sudah menjadi rahasia umum begitu banyak calon calon presiden yang mengumbar janji- janji visi dan misi mereka yang disampaikan dimasa kampanyenya tetapi setelah terpilih menjadi orang nomer1 di Indonesia ini sekan akan mereka lupa atau memang melupakan semua visi dan misi yang dielu elukan pada saat kampanye.Ibarat kacang lupa kulitnya, semua visi dan misi di lupakan dan bermumcullanlah tikus tikus berdasi. Saya sebagai rakyat kecil hanya bisa mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku walaupun akhirnya peraturan tersebut mencekik sendiri kehidupan kami sebagai rakyat .

Saya sebagai BMI disini ikut berempati terhadap pemerintah saya. Saya terpaksa menjadi BMI untuk mencukupi kebutuhan yang tidak terpenuhi dinegara sendiri. Saya tidak sendiri, banyak teman teman yang senasib dengan saya menginginkan kehidupan layak secara materi. Dinegara sendiri susah tercukupi karena kurangnya lapangan kerja untuk kami. Kami nekat menajdi pahlawan devisa dengan berbagai alasan salah satunya alasan ekonomi yang membuat kami bertahan dinegeri beton ini.

Menjadi BMI prosesnya tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Semua diawali dengan pendidikan di BLK hingga kami diterbangkan kenegara tujuan kami. Kami berharap mendapatkan majikan yang baik yang dapat menegrti keterbatasan bahasa diawal kami bekerja . Ternyata nasib kami berbeda beda , ada teman kami yang nasibnya begitu kurang beruntung atau juga bisa dikatakan tidak beruntung seperti berita akhir akhir ini yang begitu familiar dimedia sosial dan berita yang hangat hangatnya tentang teman kami Erwiana , Kartika, dan teman kami yang lainnya. Penyiksaan yang dilakukan majikan terhadap teman kami sangat tidak berperikemanusiaan.

Kami sangat kecewa dengan cara pemerintah menangani kasus ini. Bnayak sekali para pejabatnya yang bermuka topeng dalam menyelesaikan berbagai kasus. Betapa berat beban yang dipikul teman teman kami ini. Kami berharap kasus yang menimpa teman teman kami sesam BMI segera terselesaikan. Amin ya robbalamin.

Bapak Prabowo yang saya hormati, saya pernah membaca artikel yang di tulis oleh Majalh The Politic dengan headline '' PRABOWO SUBIANTO NYAPRES KARENA GELISAH MELIHAT KONDISI BANGSA '' mengutip tulisan itu , '' masalah pangan adalah masalah hidup matinya suatu bangsa , sebuah bangsa bisa hidup tanpa gedung dan mobil mewah, tetapi tidak bisa hidup tanpa pangan. Indonesia pernah menjadi contoh negara negara lain bagaimana mengembangkan masalah pangan tapi itu dulu, sebaliknay saat ini untuk panganpun Indonesia lebih banyak import. Jika memegang kekuasan nantinya , Bapak Prabowo akan menurunkan import dan meningkatkan produktivitas. Menurut Bapak dalam masalah pangan tidak boleh tergantung pada import ''. 

Kutipan ini menjadi inspirasi saya untuk memilih siapakah yang berhak untuk menjadi pemimpin negara dan bisa memeprbaiki struktur ekonomi negara. Sealain itu saya disini ingin mempertanyakan kenapa kami para BMI tidak pernah disinggung dalam program visi dan misi para capres? Apakah pemerintah tidak bisa menekan laju pertumbuhan BMI? Setiap tahun jumlah BMI bukannya menurun tetapi semakin meningkat , pemerintah belum bisa mensejahteraakan rakyatnya termasuk BMI hingga harus mencari kesejhteraan dinegara lain.

Bapak, kami merasa pemerintah Indonesia belum begitu memperhatikan kami dengan sepenuh hati. Jika pemerintah dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak mungkin, kami akan memilih bekerja dinegara sendiri tetapi malah sebaliknya pemerintah hanya bisa mengambil berbagai  keuntungan dan mengeksploitasi kami sebagai pahawan devisa .

 Apa hasil kerja pemerintah selama ini untuk kami para BMI ? Kemanakah uluran tangan pemerintah untuk kami yang tidak menerima keadilan sebagai BMI ?

 Semoga calon presiden 2014-2019 ini dapat lebih peduli terhadap nasib kami BMI dan juga pemerintah lebih peduli terhadap kasus kasus ketidakadilan yang menimpa teman teman kami sesama BMI.

'' Memimpinlah dari belakang dan biarkan yang lain didepan ketika Anda merayakan kemenangan. Saat bahaya datang berdirilah paling depan maka orang akan menghormati Anda '' ( NelsonMandela )

Bapak, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan semoga Bapak selalu dalam lindungan NYA .

Salam Indonesia Raya.


Surat ini juga  telah di posting oleh www.bmimenulis.com/surat-indonesia-memilih/
Posted on 12 Maret 2014

Senin, 21 April 2014

HAKIKAT PENDIDIKAN

A. HAKIKAT PENDIDIKAN UMUM


           Pendidikan , secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk membentuk dan mengembangkan potensi diri seseorang /sekelompok orang (peserta didik) untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan yang diperlukan oleh dirinya sendiri, masyarakat , bangsa dan negaranya.
          Maka haruslah kita pahami bersama bahwa tujuan dari sistem pendidikan nasional di Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilam, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
       Menurut Depdiknas RI, pendidikan nasional itu sendiri adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan pada Pancasila dan Undang -Undang Dasar 1945.
Selanjutnya menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.2 tahun 1989, sistem pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan nasional.
      Sistem pendidikan nasional menempatkan jenis -jenis pendidikan atas beberapa kategori . yaitu :satuan pendidikan, jalur pendidikan, jenis pendidikan, dan jenjang pendidikan.
Satuan pendidikan dilihat pada bagaimana kegiatan belajar mengajar dilaksanankan. Dengan demikian satuan pendidikan terdiri atas:
1. pendidikan di dalam sekolah , yaitu pendidikan yang diselenggarakan disekolah melalui kegiatan belajar     mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
2. pendidikan luar sekolah, yaitu pendidikan yang diselenggarakan di luar sekolah melalui kegiatan        belajar-mengajar yang tidak harus berjenjang dan berkesinambungan.

Sedangkan berdasarkan jenisnya, pendidikan nasional terdiri atas 7 jenis pendidikan, yaitu :
1. Pendidikan Umum,  merupakan pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan peningkatan keterampilan peserta didik dengan pengkhususan yang diwujudkan pada tingkat tingkat akhir masa pendidikan.
2. pendidikan kejuruan,  merupakan pendidikan yang memepersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu.
3.Pendidikan luar biasa , merupakan pendidikan yang khusus diselenggarakan untuk peserta didik yang menyandang kelainan fisik /mental.
4. Pendidikan kedinasan, merupakan pendidikan yang berusaha meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan tugas kedinasan untuk pegawai atau calon pegawai suatu Departemen atau Lembaga Pemerintah Nondepartemen.
5. Pendidikan keagamaan, merupakan pendidikan yang memepersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama yang bersangkutan.
6.Pendidikan akademik, merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan.
7. Pendidikan profesional, merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu.

Selanjutnya, berdasarkan jenjang pendidikannya, pendidikan nasional terdiri atas:
1. pendidikan prasekolah
2. Pendidikan dasar
3. Pendidikan Menengah
4. Pendidikan tinggi.

Bila kita merujuk pada definisi Depdiknas RI tentang pendidikan umum, maka pendidikan umum adalah pendidikan yang mengutamakan perluasan pengetahuan dan peningkatan keterampilan peserta didik dengan pengkhususan yang diwujudkan pada tingkat-tingkat akhir masa pendidikan.
Secara sederhana, para pakar memaknai pendidikan umum sebagai pendidikan nilai ( value education) , sebagian lagi menunjuk pendidikan umum sebagai pendidikan kepribadian ( personality education ), pendidikan karakter ( character building ), dsb.
Makna -makna esensial yang diberikan dalam pendidikan umum adalah :
( Phenix,1964)
1. Mkana symbolic , meliputi kemampuan memaknai simbol simbol bahasa dan matematika , termasuk juga     simbol-simbol dalam upacara-upacara, tanda-tanda kebesaran dan lainnya.
2. Makna empirics , artinya kemampuan untuk memaknai benda-benda ( alam, hayati dan manusia ) dengan    mengembangkan kemampuan teoritik, konseptual, analitik, generalisasi berdasarkan fakta fakta dan              kenyataan yang dapat diamati.
3. Makna esthetics, meliputi kemampuan memaknai seni termasuk keindahan dan kehalusan serta                     keunikannya.
4.Makna ethics , kemampuan membedakan dan memaknai yang baik dan buruk.
5. Makna synoptic, artinya kemampuan berpikir untuk membedakan mana yang benar dan yang salah, juga       kemampuan untuk berempati, simpati, dan lainnya.


B. HAKIKAT PENDIDIKAN NILAI


      Pendidikan nilai mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral. Budi pekerti adalah buah dari budi nurani. Budi nurani bersumber pada moral. Moral bersumber pada kesadaran hidup yang berpusat pada alam pikiran .
Nilai adalah gagasan atau konsep yang dipandang penting dalam hidup ( ada pada dunia idev), dan dipandang sebgai pedoman hidup ( ada dalam dunia psycho-spiritual ).
Dikemukakan oleh Frondizi ( hal 12; 2001) bahwa nilai memiliki polaritas dan hierarki. Polaritas berarti menampilkan diri dalam 2 aspek, yaitu positif dan negatif. Hierarki tersusun secara bergradasi atau bertingkat dari nilai tertinngi  ( yaitu nilai yang paling diutamakan ) sampai nilai yang terendah dalam hidup seseorang atau sekelompok orang.
Nilai yang menjadi pegangan hidup seseorang terdiri atas unsur etika , estetika dan moral. Etika adalah suatu nilai yang mengatur seseorang atau sekelompok orang dalam bertingkah laku dan bertindak sosial. Secara etimologis, etika adalah ajaran tentang baik-buruk , yang diterima umum tentang sikap, perbuatan, kewajiban, dan sebagainya.
Estetika adalah nilai yang menggambarkan keindahan.



C. HAKIKAT PENDIDIKAN NILAI DALAM PENDIDIKAN UMUM


Dijelaskan bahwa Raven (1977: 156), Bell ( 1966: 112), dan Conant (1950: 74) telah menyebutkan bahwa salah satu tujuan pendidikan umum adalah untuk mengembangkan nilai-nilai dan keterampilan sosial. Nilai nilai sosial sangat penting karena berfungsi sebagai acuan bertingkah laku terhadap sesama, sehingga Anda dapat diterima di masyarakat..
Pendididkan nilai itu sendiri mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral. Dalam hal ini, nilai adalah gagasan atau konsep yang dipandang penting dalam hidup dan dipandang sebagai pedoman hidup. Nilai juga berhubungan erat dengan kegiatan manusia dalam memberikan makna terhadap segala sesuatu yang dianggap baik atau tidak baik, berguna atau tidak berguna, pemnting atau tidak penting, dan benar atau tidak benar.
Kita dapat menarik kesimpulan bahwa pendidikan nilai merupakan isi dari pendidikan unum. Dengan memberikan pendidikan tentang nilai-nilai maka keberhasilan tingkat penyampaiannya berpengaruh terhadap tingkat pencapaian tujuan pendidikan umum. Dapat dikatakan juga bahwa pendidikan nilai merupakan bagian dari tujuan pendidikan umum.